09 Juni 2009

Memudahkan Membuat Laporan Penjualan dengan Pivot table di Excel

Cara membuat lap pejualan dengan menggunakan Pivot Table di Ms Excel 2007

Berikut saya akan memberikan panduan singkat dalam membuat laporan penjualan dengan menggunakan pivot table. Dengan menggunakan pivot table dapat mempermudah kita dalam membuat suatu laporan, apalagi laporan yang dibuat mempunyai data yang sangat banyak.
Berikut langkah-langkahnya :
1. Siapkan data yang mau dibuatkan pivot table, atau bisa dilihat seperti gambar berikut :



2. Klik Tab Insert dan Klik pivot table, atau bisa dilihat seperti gambar berikut :



3. Maka secara otomatis excel akan memblok range data yang akan dibuatkan pivot tablenya, atau dapat dilihat seperti ini :



4. Apabila sudah di seleksi data yang akan dibuatkan pivot tablenya, klik ok dan akan muncul seperti berikut :



5. Pada sisi sebelah kanan akan muncul field-field yang akan diisi, anda dapat membuatnya dengan drag nama-nama field yang mau dimasukkan ke dalam area report (Column report, Row report, Filter, dan Value), atau saya membuat seperti berikut :



6. Untuk letak data dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap laporan, bisa diletakkan di bagian kolom atau baris, berikut hasil yang sudah di buat oleh saya



Selesai sudah dalam pembuatan pivot table, sangat cepat dan mudah serta dapat menghemat waktu dalam membuatnya. Sekian tips & trik dari saya untuk saat ini.


Bila ada yang di tanyakan, boleh langsung tinggalkan pesan pada kolom komentar di sini....